index3
Mega Drop Down Menu

Organisasi Kemahasiswaan

Himpunan Mahasiswa Jurusan

HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) adalah organisasi mahasiswa yang berada di tingkat jurusan. HMJ merupakan badan pelaksana yang mempunyai kekuasaan eksekutif di lingkup jurusan yang dimandatkan oleh BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) melalui Pemilu tingkat jurusan. HMJ melaksanakan kegiatan di lingkup jurusan. Anggota HMJ adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar dan sah di jurusan setelah melalui mekanisme penerimaan mahasiswa baru.

 Tugas dan Kewajiban

  1. Melaksanakan amanat mahasiswa yang dimandatkan BPM
  2. Melaksanakan dan menjunjung tinggi AD/ART
  3. Melaksanakan segala ketetapan BPM jurusan
  4. Melaksanakan GBHOK di tingkat Jurusan
  5. Membuat keputusan-keputusan yang di anggap perlu dalam pelaksanaan GBHOK di tingkat jurusan.
  6. Mewakili mahasiswa jurusan baik ke dalam maupun ke luar
  7. Wajib mengutamakan aspirasi mahasiswa dalam membuat rancangan organisasi
  8. Melaporkan rencana kerja organisasi kepada BPM Jurusan
  9. Berhak memberikan usulan, saran, pendapat, aspirasi kepada pihak jurusan
  10. Melaksanakan Rapat Koordinatif dengan pengurus BEM-BPM
  11. Membuat laporan pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan mandat BPM dan disampaikan dalam sidang pleno
  12. Memiliki hak otonomi untuk mengurusi segala kegiatan di tingkat jurusan

HMJ adalah lembaga koordinatif dengan BEM dan UKM untuk program-program masing-masing dan program-program yang bersifat umum.

Pembentukan HMJ

  1. Ketua HMJ dipilih Mahasiswa melalui sistem pemilu Jurusan/Prodi
  2. Tata tertib dan cara pemilihan diatur oleh KPR (Komisi Pemilihan Raya)
  3. Pengesahan Ketua HMJ dilakukan oleh BEM
  4. Mekanisme pembentukkan pengurus dengan formatur tunggal
  5. Pengesahan pengurus HMJ dilakukan oleh Ketua HMJ
  6. Ketua HMJ tidak diperkenankan merangkap jabatan pengurus harian organisasi intern kampus dan diperkenankan merangkap jabatan pengurus harian ekstern kampus
  7. Ketua HMJ bertanggung jawab kepada anggota HMJ melalui BPM jurusan

 

HMJ Gizi

HMJ Gizi didirikan dan diresmikan pada tanggal 20 Desember 2002. Hingga sampai saat ini HMJ Gizi telah mengalami perkembangan-perkembangan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. HMJ Gizi berusaha memenuhi kebutuhan menampung, menyalurkan, mengarahkan dan mengembangkan kreatifitas serta kegiatan anggota dengan berasaskan kekeluargaan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Di bawah naungan HMJ Gizi terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan (UKM Jurusan) antara lain; Dance, Band, Olah Raga, English Club, Kelompok Ilmiah, Paduan Suara dan SII (Studi  Intensif Islam) sebagai media bagi mahasiswa Jurusan Gizi untuk mewujudkan mahasiswa yang religius dan memiliki keterampilan-keterampilan dalam bidangnya masing-masing.

Visi HMJ Gizi

“Mengembangkan HMJ sebagai organisasi mahasiswa yang profesional, mandiri, kreatif dan memiliki citra tinggi dalam mewadahi skill civitas akademi dan masyarakat”

Misi HMJ Gizi

1.  Meningkatkan manajemen dan administrasi organisasi.

2.  Mampu tampil kritis dan kreatif dalam menganalisa masalah internal mahasiswa Jurusan Gizi.

3.  Mencitrakan HMJ serta menjalin dan mempererat hubungan dengan alumni, instansi/lembaga baik internal maupun eksternal

4.  Meningkatkan kepedulian dan membantu masyarakat khususnya dalam bidang Gizi.

5.  Mengembangkan kegiatan kegizian baik secara ilmiah maupun aplikasinya.

Kepengurusan

Kepengurusan HMJ Gizi terdiri atas Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekretaris, dan Bendahara. HMJ memiliki departemen-departemen, yaitu: Penalaran, Kesma, Sospol, dan Agama.

HMJ Keperawatan

HMJ Keperawatan didirikan tahun 2009. Lembaga tersebut muncul karena adanya transisi dari HIMA prodi keperawatan menyusul adanya perubahan peraturan Badan PPSDM Kesehatan untuk organisasi mahasiswa di Poltekkes Kemenkes.

Kedudukan HMJ Keperawatan

Himpunan mahasiswa ini merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang berfungsi sebagai badan eksekutif tingkat jurusan keperawatan atau sebagai organisasi pelaksana di tingkat jurusan keperawatan yang meliputi program studi keperawatan Malang, Lawang, Blitar.

Sistem Kerja
Sistem kerja di HMJ Keperawatan terbagi secara sistem tertutup dan terbuka. Sistem tertutup maksudnya pengurus HMJ Keperawatan memiliki peraturan-peraturan sendiri untuk kepengurusan HMJ Keperawatan. Sedangkan sistem terbuka maksudnya HMJ Keperawatan bisa bekerja sama dengan organisasi mahasiswa lainnya, baik di lingkungan Poltekkes Kemenkes Malang maupun di luar institusi. Selain itu, HMJ Keperawatan tidak bekerja sendiri tetapi kami punya mitra yaitu Badan Perwakilan Mahasiswa Jurusan (BPMJ) Keperawatan yang fungsinya sebagai badan legislatif yang tugasnya mengawasi dan mengevalusi tugas dan perjalanan kerja dari HMJ Keperawatan.

Program Unggulan
 

Pada tahun 2010 HMJ Keperawatan menetapkan program unggulan yaitu: Seminar Kesehatan, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Jurusan Keperawatan, dan PPSM Jurusan Keperawatan.

 UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dikelola oleh HMJ Keperawatan ada 3 sektor besar yaitu UKM English Club, UKM Olahraga, dan UKM Kerohanian Islam. UKM English Club berada di bawah naungan Departemen PSDM, UKM Olahraga di bawah naungan Departemen Minat dan Bakat, sedangkan untuk UKM Kerohanian Islam berada di bawah naungan Departemen Kerohanian. Ketiga UKM tersebut ada pada setiap Program Studi Keperawatan namun memiliki nama yang berbeda-beda.

Struktur Organisasi

Kepengurusan HMJ Keperawatan terdiri atas Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekretaris, dan Bendahara. Departemen-departemen yang berada di bawah HMJ Keperawatan adalah: Departemen PSDM, Departemen Kerohanian, Departemen Minat Bakat, Departemen Kesejahteraan Mahasiswa, Departemen Humas.
 

HMJ Kebidanan

HMJ Kebidanan memiliki program-program kerja antara lain:

1. Caping Day

Capping day merupakan kegiatan angkat janji mahasiswa kebidanan sebelum praktek di lapangan. Kegiatan ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa semester 2. Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa semester 2 beserta walinya, dan dosen. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangkitkan rasa cinta profesi, mempersiapkan mahasiswa sebagai langkah awal sebelum praktek klinik, serta untuk menanamkan rasa tanggung jawab dengan adanya pengambilan sumpah.

2.  PPSM (Pengenalan Program Studi Mahasiswa)

PPSM merupakan kegiatan pengenalan program studi yang ada di Poltekkes Kemenkes Malang kepada mahasiswa baru. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan calon mahasiswa baru dalam mengikuti proses belajar mengajar, meningkatkan kedisiplinan calon mahasiswa melalui tugas-tugas yang diwajibkan kepada mereka, mendorong kreatifitas dan aktivitas dari calon mahasiswa, serta orientasi kampus dan sistem pendidikan Poltekkes Kemenkes Malang pada umumnya dan Jurusan Kebidanan  pada khususnya.

Pisah Kenang

Pisah kenang merupakan suatu kegiatan persembahan dari mahasiswa tingkat 1 dan 2 untuk mahasiswa tingkat 3 yang akan di wisuda. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa, menjalin kebersamaan antar mahasiswa, dosen dan staf, serta merayakan perpisahan dengan mahasiswa tingkat III.

Seminar

Seminar merupakan kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa dan juga masyarakat umum yang berminat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dan masyarakat umum serta memperkenalkan Poltekkes Malang kepada masyarakat umum.

Perayaan HUT RI

Merupakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI. Kegiatan ini diikuti oleh melibatkan mahasiswa, dosen, dan staff. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan untuk mempererat hubungan antar mahasiswa dan dosen serta staff.

SII (Studi Islam Intensif)

SII merupakan kegiatan HMJ yang bekerjasama dengan Sie Kerohanian Islam. Acara ini ditujukan bagi mahasiswa baru yang beragama Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan program keagamaan (agama Islam) kepada mahasiswa baru serta membentuk jiwa Islami dalam berfikir dan berkepribadian.

Natal Gabungan

Natal gabungan merupakan bentuk perayaan natal bagi mahasiswa Jurusan Kebidanan yang beragama Kristen/Katolik. Kegiatan ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui makna natal, mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa Kristen/Katolik, serta untuk menumbuhkan rasa solidaritas antar mahasiswa Kristen/Khatolik.